Tuesday, March 29, 2016

CONTOH MISI PERUSAHAAN YANG MEMILIKI ORIENTASI PASAR, MODEL PRILAKU KONSUMEN PADA PASAR KONSUMEN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI



TUGAS INDIVIDU
disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran



FRIDA MASLIKHAH
NIM 101710101064



JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS JEMBER
2013


    A.    Cari contoh misi perusahaan-perusahaan yang memiliki orientasi pasar dan jelaskan

1.         Indofood (the symbol of quality food)
·         Vision
A Total Food Solutions Company
·         Mission
To provide sustainable solutions for food needs
To continuously improve our people, processes and technologies
To contribute to the welfare of the society and environment in a sustainable manner
To continuously improve stakeholders’ values
Penjelasan :
Visi dan misi perusahaan yang bergerak di bidang makanan ini menurut saya berorientasi kepada pasar. Karena dalam misi tersebut tidak digunakan bahasa yang menyebutkan nama produk yang dijual atau dapat dikatakan tidak berorientasi kepada produk. Misalnya dalam visi dan misi tidak disebutkan nama produk pertama yang diproduksi dimana pabrik untuk pertama kali didirikan namun disebutkan bahwa perusahaan akan memberi solusi yang berkelanjutan untuk kebutuhan pangan. Sehingga misi tersebut tidak akan membatasi perusahaan untuk melakukan inovasi dan perusahaan dapat berkembang dengan menciptakan produk-produk baru untuk dipasarkan. Selain itu misi tersebut juga tidak berorientasi pada teknologi yang digunakan dan tidak overlap dengan sasaran bisnis yang ingin dibidik oleh perusahaan. Terdapat pula misi untuk membangun lingkungan yaitu dengan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan. Ada pula misi untuk meningkatkan kepuasan rekan bisnis (pemegang saham). Sehingga memiliki nilai lebih dimata masyarakat, lebih menarik para investor untuk berinvestasi dan lebih memiliki nilai jual.

2.         OT (Orang Tua) - PT. Ultra Prima Abadi Surabaya
                   
·         Visi
The Premier Company delivering first choice brands and innovative solutions to consumers in Asia Pacific.
·         Misi
We exist to brighten and delight the lives of our CESS (Consumers, Employees, Shareholders, and Society) by creating and meeting consumer's needs.
Penjelasan :
Visi dan misi perusahaan yang bergerak di bidang makanan ini menurut saya berorientasi kepada pasar. Dalam visi dan misi yang diusung perusahaan tidak menyebutkan produk dan teknologi yang akan dijual melainkan menggunakan bahasa yang dapat menjadikan perusahaan bersifat global. Yaitu dengan visi memberikan pilihan merek pertama dan solusi yang inovatif untuk konsumen di Asia Pasifik. Sedangkan dalam visinya sendiri disebutkan bahwa “Kami hadir untuk mencerahkan dan memanjakan kehidupan para CESS (Konsumen, Karyawan, Pemegang Saham, dan Masyarakat) kita dengan menciptakan dan memenuhi kebutuhan konsumen.” Sehingga dapat memacu kinerja perusahaan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk selalu memuaskan seluruh lingkungan (konsumen, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat) yang berhubungan dengan perusahaan. Selain itu misi tersebut dapat menarik investor untuk melakukan investasi pada perusahaan tersebut.


   B.     Jelaskan model prilaku konsumen pada pasar konsumen dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keputusan untuk membeli

Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
STIMULUS
PROSES PERILAKU
RESPON
·         Pemasaran
·         Lingkungan
·         Produk Ekonomi
·         Harga Teknologi
·         Tempat Politik
·         Promosi Budaya
·         Karakteristik Pembeli
·         (Faktor Personal, Faktor Sosial)
·         Proses Pengambilan Keputusan Pembeli
·         Pilihan Produk
·         Pilihan merk
·         Pilihan dealer
·         Pilihan waktu membeli
·         Jumlah Pembelian
 Pemasar ingin memahami bagaimana rangsangan itu diubah menjadi tanggapan dalam proses perilaku konsumen yang terdiri dari 2 bagian :
1. Karakteristik pembeli mempengaruhi bagaimana dia mempersepsikan dan bereaksi terhadap  rangsangan.
2. Proses pengambilan keputusan pembelian itu sendiri mempengaruhi perilaku pembeli.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dipengaruhi oleh empat kelompok utama karakteristik pembeli: budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. Masing-masing faktor ini memberikan perspektif yang berbeda tentang pemahaman cara kerja kotak hitam pembeli.
·         Faktor Budaya
1. Budaya : Serangkaian nilai, persepsi, keinginan, dan perilaku dasar yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga dan instansi penting lain.
2. Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.
3. Kelas Sosial : Pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota memiliki nilai, minat dan perilaku yang serupa.
Orang dengan karakteristik budaya dan subbudaya yang berbeda mempunyai preferensi produk dan merek yang berbeda. Akibatnya, pemasar mungkin ingin memfokuskan program pemasaran mereka pada kebutuhan khusus kelompok tertentu
·         Faktor Sosial.
1. Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang yang berinteraksi untuk memenuhi tujuan individu atau tujuan bersama.
2. Keluarga.
3. Peran dan Status.
Peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang-orang di sekitarnya. Tiap peran membawa status yang mengambarkan penghargaan umum terhadap peran tersebut oleh masyarakat.
·         Faktor Pribadi
1. Umur dan Tata Siklus Hidup,
2. Pekerjaan.
3. Situasi Ekonomi.
4. Gaya Hidup : Pola hidup seseorang yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan opinion orang tersebut.
5. Kepribadian dan Konsep Diri.
Kepribadian, sikologis yang membedakan seseorang yang menghasilkan tanggapan secara konsisten dan terus-menerus terhadap lingkungan. Konsep diri adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang dan mencerminkan ke identitas diri mereka.
·         Faktor Psikologis
1. Motivasi, kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan tersebut.
2. Persepsi, Proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia.
3. Pembelajaran, perubahan perilaku seseorang karena pengalaman.
4. Keyakinan dan Sikap
Keyakinan menyatakan pemikiran deskriptif yang dipertahankan seseorang mengenai sesuatu. Sikap merupakan evaluasi, perasaan dan kecenderungan yang konsisten atas suka atau tidak seseorang terhadap suatu obyek atau ide.



ANALISIS JABATAN "STUDI KASUS PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PERSERO) X KEBUN AJONG GAYASAN

MAKALAH “Analisis Jabatan” Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara (Pe...