Sunday, January 17, 2016

PROPOSAL WIRAUSAHA KOPI BERISIK




PROPOSAL WIRAUSAHA
Disusun untuk memenuhi tugas Perencanaan Industri




Oleh :

Anis suhariati                    101710101011
Frida Maslikhah               101710101064
Yuke Rasadi                      101710101094
Alfiana                               101710101097
                       


 

JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS JEMBER
2012

 
DESKRIPSI PRODUK

            Kopi Berisik adalah sebuah minuman kopi yang dicampur dengan berbagai bahan tambahan sehingga menghasilkan produk yang “rame” , dan tidak hanya minum kopi seperti biasanya.
            Produk ini kami bawakan dengan membawa suasana rasa dan minum kopi yang baru dengan sentuhan olahan modern, tetapi tetap dalam lingkaran kopi itu sendiri sebagai rasa utama Produk “Kopi Berisik”.
            Kopi Berisik diolah dengan mencampur bahan utamanya yaitu kopi dengan bahan-bahan tambahan dalam pengolahan yang sederhana dengan menggunakan blender. seperti dengan mencampur es atau gula dalam satu blender. sehingga rasanya akan tercampur menjadi satu kesatuan rasa. apabila pengolahan dengan belender selesai maka minuman tersebut dihias dengan astor atau buskuit sebagai teman makan yang “rame”Bahan- bahan tambahan yang digunakan dapat berupa kayu manis, Cream,ataupun serbuk jahe.
            Dalam menghadirkan  produk “Kopi Berisik” ini kita menawarkan dalam model kopi cup (bukan cangkir) yaitu menghidangkan dalam bentuk cup plastik yang mudah dibawa dan dinikmati  di mana saja.

 


ASPEK ANALISA LINGKUNGAN

Analisis lingkungan usaha adalah proses awal dalam manajemen strategi yang bertujuan untuk memantau lingkungan perusahaan. Lingkungan perusahaan mencakup semua faktor, baik yang berada didalam maupun diluar perusahaan yang dapat memenuhi kelangsungan pencapaian tujuan yang diinginkan. Secara garis besar analisis lingkungan dapat dikategorikan ke dalam dua bagian besar yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Contohnya yaitu dari ketersediaan bahan baku di sekitar lingungan perusahaan yang berada di jl. Hayam Wuruk No.88 Jember yang merupakan pusat kota, selain itu pada perusahaan ini proses produksi bersifat aman dan tidak menimbulkan polusi yang dapat mempengaruhi kenyamanan dari kehidupan social sekitarnya.
Selain itu perlu adanya analisi secara internal maupun  eksternal yaitu :
1)      Analisis Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah lingkungan yang berada dalam organisasi  tersebut dan secara normal memiliki implikasi langsung pada perusahaan. Analisis  faktor internal merupakan proses identifikasi terhadap faktor kelemahan dan  kekuatan dari dalam perusahaan. Lingkungan internal dapat dianalisis dengan  menggunakan analisis pendekatan fungsional, yaitu analisis yang dilakukan pada  masing-masing fungsi dalam perusahaan dengan mengkaji manajemen,  pemasaran, keuangan, kegiatan produksi dan operasi serta sumber daya manusia.
·         Manajemen
Manajemen perusahaan merupakan pihak yang menerapkan fungsi-fungsi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, pengelolaan staf dan pengendalian. PT GOOD COFFEA memiliki visi dan misi usaha. Hal ini menunjukkan bahwa PT GOOD COFFEA memiliki perencanaan jangka panjang sebagai bagian dari cita-cita dan tujuan usaha  di masa yang akan datang. Secara umum PT GOOD COFFEA telah melakukan fungsi perencanaan dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari adanya perencanaan usaha yang tersusun jelas dan tertulis, baik untuk perencanaan jangka pendek maupun jangka menengah. Seluruh kegiatan perencanaan dilakukan direktur dan jajaran manajer dibawahnya, namun disetujui atau tidak perencanaan tersebut masih menjadi wewenang dewan
komisaris atau pemilik perusahaan sehingga perencanaan masih tergantung  kepada keputusan pemilik perusahaan.
Pengorganisasian di PT GOOD COFFEA telah berjalan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pembagian kerja untuk setiap manajer yang telah tertulis dengan jelas. Setiap manajer harus bertanggung jawab terhadap apapun yang telah menjadi tugasnya dan harus memberikan laporan tertulis terhadap hasil kerjanya kepada atasannya. Pengelolaan staf di PT GOOD COFFEA berjalan lancar setiap karyawan bekerja pada bidang pekerjaannya masing-masing, namun kadangkadang ketika banyaknya pekerja harian yang tidak masuk membuat manajer menugaskan karyawannya bekerja bukan dibidang pekerjaannya. Untuk memotivasi karyawannya perusahaan memberikan kenaikan gaji hampir setiap tahun walaupun kenaikan gaji tersebut tidak besar. Selain kenaikan gaji tersebut  perusahaan tidak memberikan insentif lainnya. Pengendalian hanya terbatas pada bidang produksi saja, khususnya dalam hal pengadaan bahan baku dan pengolahan. Pengendalian dalam hal pengadaan bahan baku penting dilakukan karena terkait langsung dengan proses pengolahan, sehingga kontinuitas pembuatan produk tetap terjaga.

2)      Analisis Lingkungan Eksternal
Analisis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengidentifikasi dan  mengevaluasi kecenderungan-kecenderungan dan kejadian-kejadian yang berada   di luar kontrol suatu perusahaan. Analisis lingkungan eksternal berfokus pada  penentuan faktor-faktor kunci yang menjadi ancaman dan peluang bagi  perusahaan sehingga memudahkan manajemen perusahaan untuk menentukan  strategi-strategi dalam meraih peluang dan menghindarkan ancaman.
·         Ekonomi
Kondisi ekonomi merupakan faktor yang penting dalam menjalankan suatu usaha. Faktor ekonomi juga dapat mempengaruhi daya beli dan pola  konsumsi masyarakat. Kondisi ekonomi yang semakin membaik, yang diiringi dengan peningkatan daya beli masyarakat memungkinkan adanya peningkatan  permintaan pasar terhadap suatu produk. 
·         Sosial, Budaya, dan Demografi
Perubahan sosial, budaya dan demografi memberikan pengaruh terhadap  kemampuan suatu usaha di dalam memainkan perannya. Setiap perubahan yang terjadi dapat menjadi sebuah peluang maupun penghalang bagi pengembangan  suatu usaha di masa yang akan datang. Hal ini tergantung dari pola interaksi yang  terbentuk antara usaha tersebut dengan kondisi lingkungan disekitarnya.  Perubahan atau gejolak sosial yang terjadi dapat menciptakan ikatan yang lebih Kuat maupun sebaliknya. Seiring dengan perkebangan zaman terjadi pula perubahan sosial, seperti banyaknya wanita yang bekerja dan perubahan gaya hidup. Meningkatnya jumlah wanita yang bekerja diluar rumah dan semakin tinggi mobilitas masyarakat diluar rumah menyebabkan masyarakat membutuhkan akan makanan yang cepat saji dan mudah dalam pembuatannya. Hal ini menjadi peluang bagi usaha makanan nugget yang merupakan makanan yang mudah disajikan. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya juga menjadikan peluang bagi para pengusaha yang bergerak dibidang makanan .
·          Politik, Pemerintahan, dan Hukum 
Kondisi politik dapat memberikan pengaruh kepada suatu usaha. Bentuk hukum, perundang-undangan hingga badan / instansi pemerintah lainnya yang mempengaruhi kelancaran organisasi merupakan aspek-aspek yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha. Kondisi politik Indonesia yang mulai membaik sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari menguatnya nilai rupiah terhada US dollar dan berkembangnya investasi di berbagai bidang. Membaiknya kondisi politik berpengaruh terhadap perusahaan, dengan kondisi politik baik maka harga bahan baku cenderung stabil.
·         Teknologi
 Teknologi merupakan salah satu sumber utama perubahan dengan adanya  inovasi baru. Variabel ini mempengaruhi bahan baku, operasi, serta produk suatu usaha karena pada dasarnya perubahan teknologi dapat memberikan peluang besar untuk peningkatan hasil, tujuan, atau bahkan mengancam kedudukan usaha tersebut.  Teknologi yang terus berkembang memberikan kontribusi bagi keberadaan PT GOOD COFFEA. Faktor teknologi turut membantu PT GOOD COFFEA dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari, seperti telepon dan mesin faksimil yang dapat memperlancar kegiatan Perusahaan dalam mempermudah transaksi jual beli dengan pelanggannya. Selanjutnya kemajuan di bidang transportasi juga memperlancar kegiatan Perusahaan dalam memasarkan produknya, serta mempermudah dalam memperoleh bahan baku yang diperlukan. Perkembangan teknologi dan informasi yang terus berkembang merupakan peluang bagi usaha PT GOOD COFFEA untuk pengembangan usaha di waktu yang akan datang.


 

ASPEK  YURIDIS

Aspek yuridis merupakan salah satu faktor yang dikaji dalam studi kelayakan pendirian PT. GOOD COFFEA yang berlokasi di jl. Hayam Wuruk No.88 Jember dengan produk yang akan diproduksi adalah “KOPI BERISIK”. Hasil dari kajian aspek yuridis merupakan suatu simpulan apakah rencana pendirian industri ini memiliki kesesuaian dengan peraturan yang ditetapkan dan tidak menyimpang dari hukum yang berlaku. Jika rencana pendirian industri ini tidak bertentangan dengan peraturan hukum yang berlaku maka rencana pendirian industri ini memiliki kelayakan ditinjau dari aspek yuridis.
Faktor yuridis menyangkut perijinan dan perjanjian yang perlu diusahakan dalam pengusahaan perseroan terbatas. Perijinan adalah menyangkut penyelesaian perijinan yang dipersyaratkan oleh pemerintah daerah daerah setempat dalam pendirian sebuah usaha atau industri. Sedangkan perjanjian adalah lebih merupakan suatu nota kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah surat yang disyahkan oleh pihak yang berkepentingan untuk menjaga keterjaminan kepentingan masing-masing pihak.
1.      Bentuk Badan Usaha
Bentuk badan usaha yang akan diterapkan pada industri “Mix Vegetable nugget” adalah Perseroan Terbatas (PT) yakni dengan nama PT. NATURAL FOOD, hal ini dilakukan mengingat perusahaan memiliki jenis usaha industri dengan jumlah modal usaha yang besar dan kemudahan perseroan terbatas dalam memperoleh modal. Perusahaan menentukan bentuk badan usaha berupa PT dengan pertimbangan sebagai berikut:
1.      Jumlah modal yang ditanamkan dan kemungkinan untuk penambahan modal.
2.      Penentuan tanggung jawab perusahaan.
3.      Prinsip-prinsip pengawasan yang akan dilakukan.
4.      Pengawasan keseluruhan operasional perusahaan dilakukan oleh direktur selaku pemilik perusahaan yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam perusahaan.
5.      Rencana pembagian laba.
6.      Jangka waktu berdirinya perusahaan.

2.      Perijinan
Perijinan menyangkut penyelesaian perijinan yang dipersyaratkan oleh pemerintah daerah setempat dalam pendirian usaha atau industri. Persyaratan yang
dipersyaratkan oleh pemerintah daerah antara satu daerah dengan daerah lain biasanya berbeda walaupun pada prinsipnya sama.
Perijinan yang diperlukan dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) adalah sebagai berikut :
1.      Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
2.       Tanda Daftar Industri (TDI)
3.       Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Sebelum pengurusan perijinan ke pihak pemerintah daerah, perusahaan terlebih dahulu harus membuat akta pendirian usaha ke notaris. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 21 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perizinan dan Investasi dan didukung oleh Peraturan Daerah Nomor 30 tahun 2005 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perizinan dan Investasi serta didasari oleh Surat Keputusan Bupati Purbalingga Nomor 44 tahun 2003 maka dibentuklah Kantor Pelayanan Perizinan dan Investasi (KPPI) yang mempunyai kewenangan untuk menerima, memproses permohonan perizinan dan menandatangani SK KPPI dibentuk untuk mempermudah pengusaha ataupun investor dalam melakukan suatu perizinan untuk mendirikan usaha. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya mekanisme One Stop Service (OSS). Mekanisme ini berarti segala perizinan dilakukan melalui satu pintu yaitu melalui KPPI.
Adanya KKPI di Kabupaten Jember merupakan kelebihan yang ada di Kabupaten Jember, karena adanya kantor pelayan perizinan dapat mempermudah bagi investor yang mau menanamkan modal di wilayah ini. KPPI memberikan waktu penyelesaian yang relatif pendek dibandingkan sebelumnya.
Salah satu contoh perizinan adalah dalam pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). Dalam pembuatan SIUP ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain yaitu salinan atau fotocopy akta notaris pendirian perusahaan yang telah disahkan instansi berwenang, fotocopy surat ijin tempat usaha bagiperusahaan yang wajib ijin gangguan serta neraca akhir perusahaan. Adapun mekanismenya yaitu pemohon datang ke KPPI, pemohon mengisi formulir yang disediakan KPPI dengan dilampiri persyaratan, KPPI akan memeriksa kelengkapan pengisian formulir dan dokumennya, kemudian dilakukan proses administrasi sampai SIUP siap diambil di KKPI. Lamanya waktu pemprosesan adalah tujuh hari.

3.      Perjanjian
Perjanjian lebih merupakan nota kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah surat yang disahkan oeh pihak yang berkepentingan yaitu notaris untuk menjaga keterjaminan kepentingan masing-masing pihak. Surat perjanjian tersebut diantaranya surat perjanjian kontrak yang mengikat antara perusahaan dan petani kopi di kabupaten Jember.
Surat perjanjian ini berisi perjanjian perusahaan untuk membeli hasil panen kopi dari para petani, sehingga keterjaminan kualitas dan tersedianya kualitas kopi secara berkala, dan ketentuan lain yang bersifat mengikat.

 

ASPEK  FINANSIAL

Modal awal pembukaan usaha (untuk produksi 1 kali (50 produk)) :
Rincian
Jumlah Satuan (Rp)
Jumlah total (Rp)
Pembelian Bahan Baku (kopi)
Dalam bentuk instant*
1 bungkus  (50 produk)  @= 3500
3500
Pembelian peralatan produksi
blender

300.000
Pembelian bahan tambahan (untuk seluruh bahan tambahan)*


30.000
Pembelian kemasan (50 produk)*
@ 500
25.000
Penyewaan Disel jet set

100.000
Biaya promotion


150.000
Biaya sumber energi (bensin)*

15.000
Total investasi awal
623.500
       * biaya produksi tetap
maka dapat diperoleh harga satuan produk  berdasarkan besarnya biaya produksi tetap/ jumlah produksi yang diinginkan =73.500 /50 = 1.470
jadi harga satu produk Rp. 1500
Perkiraan pendapatan bersih perusahaan dalam 1 minggu * :
Target penjualan 1 hari 20 bungkus, maka dalam 1 minggu
adalah 140 bungkus * 1500 = 210.000
Pendapatan akan semakin meningkat dengan bertambahnya waktu.

Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diketahui nilai BEP =
            nilai investasi / pendapatan per minggu
= 623.500/210.000
            = 2,96 minggu = 3 minggu

Rencana anggaran biaya :
Biaya   Opersional                               Rp. 550.000
            Biaya produksi                                    Rp. 73.500
            Total investasi                                     Rp. 623.500




ASPEK TEKNIS

JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Minggu
Kegiatan
1
Survei Kebutuhan produksi
2
Proses produksi dan pemasaran
3
Pemasaran
4
Pemasaran

Dalam produksi Kopi Berisik ini bahan utama yang dibutuhkan yaitu Kopi yang telah dalam bentuk kopi instan. Produk ini merupakan produk minuman kopi yang diolah menjadi sebuah minuman baru dengan berbagai bahan tambahan sehingaa menghasilkan minuman baru yang tetap dengan rasa utama kopi:
.
Bahan Yang Dibutuhkan
§  Kopi (bahan Utama)
§  Serbuk Kayu Manis
§  Cream
§  Meses Coklat
§  Serbuk jahe
§  Biskuit / Astor
§  Es Batu
§  Air
§  Gula
Alat yang Digunakan
  • Blender
  • Sendok
  • Sedotan
  • Cup Plastik
  • Disel

Dalam memproduksi kopi berisik ini kita mengolah secara langsung di outlet dengan menggunakan alat blender dan mencampurakan bahan tambahan dan menghiasnya dengan biskuit/ astor kemudian menghidangkanya dalam cup plastik yang bisa langsung dibawa pambeli.
Jumlah produk yang dihasilkan dalam 1 kali produk dapat diperoleh dengan perincian sebagai berikut :
·                Dalam satu hari rata-rata kita dapat menjual 20 bungkus/kemasan.
·                Dalam satu minggu kita bisa menjual sebanyak 140 bungkus/kemasan.
·                Dalam satu bulan kiata bisa menjual 560 bungkus/kemasan.




ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

            Kota Jember merupakan kota yang diakui sebagai salah satu kota kopi, terbukti dengan adanya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di kota ini. Ketersedian bahan kopi sangat melimpah, Ironisnya produk olahan kopi belum banyak ada di kota ini, kalaoupun ada hanya sebatas warung kopi.
            Peluang penjualan minuman kopi sangat besar di kota ini, selain itu dengan konsep penjualan yang kami tawarkan dalam produk kami, tentunya akan beda dan mampu bersaing dengan produk minuman lain seperti jus ataupun susu karena penikmat kopi itu sendiri sangat banyak dan cenderung bertambah.
            Pangsa pasar  produk kami sebenarnya sangat luas karena penikmat kopi sangat beragam apalagi dengan sentuhan minuman kopi tang dalam cup dan bersifat cepat saji, jadi anak-anakpun bisa menjadi pembeli, tetapi kami menembak pasar utama kani adalah para mahasiswa dan remaja sehingga menghadirkan image minuman “gaul”
            Dalam mempromosikan produk kami ini ada bebarapa langkah strategis  yang akan telah kami siapkan antara lain adalah :
§   Promosi
Kami akan mempromosikan kepada calon konsumen melalui brosur, poster dan banner. Selain itu, kami akan mempromosikan melalui fasilitas radio lokal Jember ataupun melalui media lokal lainnya seperti koran. kami optimis akan mampu memberikan ikatan emosional dengan memberikan rasa penasaran dan tentunya akan mulai mencari produk kami untuk mencoba.
§   Marketing freeline
Melalui manajemen yang baik, kami akan membentuk marketing team. Baik pegawai kontrak maupun freeline, yang bertugas untuk menarik calon konsumen. Dalam pelaksanaannya mereka akan memberikan isu ataupun ajakan secara tidak langsung sehingga menjadikan informasi mengenai produk kami dapat berkembang dari mulut ke mulut.
§    Promotion  “ Berisik Ide”
             Dalam konsep penjualan kami, pembeli produk “Kopi berisik”  akan diberikan sebuah kertas, dimana dengan kertas tersebut, mereka akan membaca sebuah tulisan “seberapa berisik idemu???” dengan kertas tersebut mereka dapat menuliskan ide-idenya tentang ”Kopi Berisik” sehingga dalam perkembangannya “Kopi Berisik”  bisa sesuai keinginan pelanggan. Sistem ini kami beri nama “Promotion Berisik Ide”.
§   Internet Promotion ( Extra promotion)
    Penggunaan media internet sebagai media promosi adalah salah satu langkah strategi promosi kami dalam mengembangkan usaha ini kepada peminat usaha ini di luar kota Jember. Langkah ini kami lakukan sebagai bentuk pencarian informasi pasar terhadap produk kami diluar Jember.
Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah penring yang harus dipikirkan dalam membangun sebuah usaha agar terus ”eksis”, dengan strategi pemasaran yang tepat kami berharap produk kami cepat berkembang nantinya. Beberapa strategi pemasaran yang kami akan lakukan adalah :
§   Membuka Outlet
            Sistem outlet adalah sistem yang akan kami lakukan sebagai sistem pemasaran untuk produk kami. Sistem ini memiliki keunggulan karena dapat berhubungan langsung dengan konsumen dan kita dapat mengetahui respon konsumen terhadap produk kita.
            Pada sistem outlet ini kita melakukan konsep open kitchen yaitu menggunakan outlet sebagai tempat memasak secara langsung. Penerapan ini menjadikan sistem pelayanan kami adalah just in time, dimana pelayanan akan dilakukan sesuai permintaan konsumen (ada yang membeli).
§   Pengembangan Menu pilihan
   Dalam membangun brand Kopi Berisik ini kita menghadirkan berbagai olahan rasa yang tentunya terus dikembangkan dan dengan bertanbahnya rasa tentunya pasar penjualanpun akan semakin luas. Bertambahnya menu menjadikan Kopi Berisik tidak cepat tenggelam dengan produk minuman yang lain.



ASPEK MANAJEMEN

Analisis aspek organisasi dan manajemen diperlukan oleh industri pengolahan nugget untuk melaksanakan tindakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengontrolan, serta pengevaluasian jalannya usaha. Hasil dari analisis aspek tersebut merupakan suatu simpulan yang dapat menentukan apakah pendirian industri pengolahan nugget ini memiliki keteraturan organisasi dan manajerial serta didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia yang memadai, sehingga dinyatakan layak untuk didirikan.

1.      Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi dibentuk untuk menetukan pengelompokan kegiatan- kegiatan, penugasan wewenang dalam melaksanakan pekerjaan, menentukan koordinasi kewenangan dan hubungan informasi baik horisontal maupun vertikal untuk mencapai tujuan daripada sarana keseluruhan atau untuk mencapai tujuan setiap bagiannya. Struktur organisasi yang baik dalam suatu perusahaan akan menunjang kelancaran aktivitas perusahaan itu sendiri.
Manajemen organisasi yang solid dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan yang mendorong tercapainya efisien dan target-target perusahaan. Manajemen perusahaan yang dipresentasikan dalam sebuah struktur organisasi harus mengindikasikan pendelegasian wewenang dari beberapa unit fungsional dalam perusahaan.
Perencanaan struktur organisasi perusahaan didasarkan pada kebutuhan perusahaan terkait dengan skala usaha, komoditi usaha, fungsi organisasi, tingkat beban kerja dan tanggung jawab masing-masing fungsi tersebut. Fungsi organisasi yang disoroti secara umum ialah fungsi produksi, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.
Pada perusahaan kami PT. GOOD COFFEA, susunan struktur perusahaan adalah sebagai berikut :

 

1.      Perencanaan SDM
Penempatan tenaga kerja yang sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi dapat memacu peningkatan produktifitas pabrik. Pengkualifikasian tenaga kerja dilakukan secara kualitatif berdasarkan arahan tugas yang diberikan. Penyusunan spesifikasi dan kualifikasi tenaga kerja dilakukan dengan mempertimbangkan skala usaha, jenis usaha, serta ruang lingkup pekerjaan.
Dari struktur yang disajikan diatas dapat dijelaskan tugas dan tanggung jawab anggota perusahaan pada industri pengolahan nugget adalah sebagai berikut :
·         Direktur disini secara umum adalah pemimpin perusahaan yang memiliki wewenang dan tanggung jawab terhadap semua aktivitas produksi dan operasi perusahaan, serta bertugas memimpin, mengendalikan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan perusahaan sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditetapkan. Batasan tanggung jawabnya adalah membuat kebijakan-kebijakan strategis berkaitan dengan pengoperasian perusahaan dengan wewenang yang dilimpahkan kepadanya dan mampu bekerja sama dengan bagian-bagian lain yang ada di bawah wewenangnya.
·         Wakil Direktur secara umum berada di bawah Direktur dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.
Bidang – Bidang Manajemen
·         Manajer Pemasaran : Bertanggung jawab untuk menyerahkan produk dari produsen ke konsumen.
·         Manajer Keuangan : Mengawasi fungsi akuntansi dan sumber daya keuangan.
·         Manajer Produksi : Bertanggung jawab atas produksi, inventori, dan kendali mutu.
·         Manajer Personalia : Merekrut dan melatih karyawan, menilai kinerja, dan menetapkan kompensasi.

Proses manajemen dalam perusahaan kami terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1.      Perencanaan
Menetapkan apa yang harus dilakukan perusahaan dan cara terbaik melakukannya.
·   Sasaran Jangka Pendek (<1 tahun)  --> mengenalkan produk kepada masyarakat lokal dan selanjutnya secara nasional / menyeluruh.
·   Sasaran Jangka Menegah (1-5 tahun) --> produk telah dikenal secara nasional sehingga permintaan produk dapat meningkat.
·   Sasaran Jangka Panjang (5 tahun)  -->  dapat  mengekspor produk ke berbagai Negara.
2.      Pengorganisasian
Direktur yang dibantu oleh Wakil Direktur dan Manajer -->  menata sumber daya dan kegiatan menjadi struktur yang logis.
3.      Pengarahan
Manajer -->  memandu dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.
4.      Pengawasan
Supervisi --> memantau kinerja karyawan untuk menjamin perusahaan mencapai sasarannya. Supervisi bertanggung jawab langsung kepada Manajer.



ANALISIS JABATAN "STUDI KASUS PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PERSERO) X KEBUN AJONG GAYASAN

MAKALAH “Analisis Jabatan” Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara (Pe...